Posted by : Unknown Selasa, 13 Maret 2012

Penerapan dari konsep pemrograman sebelumnya, dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan. Di bab ini akan dibahas penerapan ke dalam teknik pencarian (searching) dan pengurutan (sorting).

PENCARIAN (SEARCHING) 

Pencarian (Searching) merupakan proses yang fundamental dalam pemrograman, guna menemukan data (nilai) tertentu di dalam sekumpulan data yang bertipe sama. Fungsi pencarian itu sendiri adalah untuk memvalidasi (mencocokkan) data. Sebagai contoh, untuk menghapus atau mengubah sebuah data di dalam sekumpulan nilai, langkah pertama yang harus di tempuh adalah mencari data tersebut, lalu menghapus atau mengubahnya. Contoh lain adalah penyisipan data ke dalam kumpulan data,  jika data telah ada, maka data  tersebut tidak akan disisipkan, selainnya akan disisipkan ke kumpulan data tersebut.

Ada sebuah kasus sederhana, misalkan terdapat 10 data yang bertipe integer, terangkum di dalam variabel  larik L. Terdapat data X di dalam larik L tersebut. Bagaimana proses pencarian data  X tersebut? Jika  ketemu maka akan mengeluarkan pesan teks “Data ditemukan!” atau jika tidak ditemukan akan mengeluarkan pesan teks “Data  tidak ditemukan“. Serta menampilkan di elemen ke berapa elemen tersebut ditemukan, dan berapa jumlah data X di larik L.

Ada beberapa metode mencari data di dalam sekumpulan data yang bertipe sama,
yaitu:

1.  Metode Pencarian Beruntun (Sequential Search)
2.  Metode Pencarian Bagi dua (Binary Search)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Sama Belajar -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -